Beranda Daerah Masa Pandemi Covid-19 Pemakaian Air di Kabupaten Bekasi Meningkat

Masa Pandemi Covid-19 Pemakaian Air di Kabupaten Bekasi Meningkat

400
0
BERBAGI

IMN News, Bekasi – Penggunaan air selama masa pandemi covid-19 di Kabupaten Bekasi meningkat signifikan. Dalam sebulan, setiap rumah dapat menghabiskan lebih dari 20 meter kubik air.

Meningkatnya aktivitas didalam rumah serta berubahnya pola kehidupan masyarakat menjadi penyebab kebutuhan air meningkat.

Direktur Usaha Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, Maman Sudarman mengatakan, peningkatan terjadi sejak pertengahan Maret hingga Juni kemarin. Sebab, sesuai anjuran pemerintah seluruh akivitas dikerjakan di dalam rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah.

“Jadi memang kebutuhan air bertambah. Kemudian kan sekarang mencuci tangan menjadi rutinitas yang sangat dianjurkan jadi kebutuhan airnya meningkat,” kata Maman, Senin (6/7/2020).

Maman mencatat, biasanya rata-rata penggunaan air rumah tangga di Kabupaten Bekasi sekitar 17 meter kubik.

Namun masa pandemi kebutuhannya meningkat dua meter kubik per bulan per pelanggan rumah tangga. Peningkatan itu membuat pihaknya bekerja ekstra keras untuk memenuhinya.

“Tentu jika dikalikan dengan keseluruhan jumlah pelanggan, angkanya menjadi besar. Pasokan air yang disalurkan lebih banyak,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, jumlah pelanggaran Tirta Bhagasasi di Kabupaten Bekasi sekitar 170.000 orang. Dengan kebutuhan air yang meningkat, pihaknya setidaknya mengalirkan air hingga 3,4 juta meter kubik atau meningkat 510.000 meter kubik setiap bulan.

“Bulan ini (Juli) masih ada peningkatan,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjut dia, peningkatan penggunaan air ini tidak berbanding lurus dengan kemampuan membayar para pelanggan.

Memburuknya kondisi perekonomian di tengah pandemi membuat para pelanggan kesulitan membayar tagihan yang meningkat. Sehingga, kondisinya memang patut dimaklumi.

“Biasanya misalkan pelanggan membayar Rp 50.000 per bulan, karena penggunaan airnya lebih banyak tagihannya juga ada penambahan,” jelasnya.

Karena kesulitan tersebut, tidak sedikit pelanggan yang mengusulkan keringanan membayar tagihan. Sesuai ketentuan, keringanan itu dapat diberikan setelah diverifikasi terlebih dulu.

Alhasil, pemakaian naik tapi pembayaran terdapat penurunan, kalau ada yang minta keringanan masih diberikan pengurangan 20, 30 sampai 50 persen. Tetapi setelah mengajukan akan dilakukan verifikasi termasuk terjun ke lapangan untuk mengecek.

” Jika ternyata layak diberikan keringanan, maka akan kami berikan,” tutupnya.(gbks-imn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here