Beranda Politik Karena Saksi Kritis Jadwal Pleno PPK di Kec.Bekasi Utara Mundur

Karena Saksi Kritis Jadwal Pleno PPK di Kec.Bekasi Utara Mundur

928
0
BERBAGI

IMN News, Kota Bekasi – Target rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan di Kota Bekasi meleset dari waktu yang telah ditentukan. Sesuai jadwal, rekapitulsi penghitungan suara ditingkat kecamatan mulai tanggal 18 April hingga 4 Mei. Namun, hingga sekarang ada dua Kecamatan yang belum menyelesaikan penghitungan suara.

Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarhaeni ketika ditemui di Kantornya, Rabu (8/5) mengakui bahwa untuk Kecamatan Bekasi Utara dan Bekasi Timur ini meleset dari jadwal.

Namun kendati demikian kata dia, sudah ada payung hukumnya surat edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia ( RI) bahwa bagi daerah-daerah yang belum selesai nanti masih bisa melanjutkan rekap sampai dua hari sebelum masa akhir rekap di tingkat provinsi.

“Jadi sebenarnya kita masih ada waktu. Kata Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarhaeni di Kantornya. Rabu (8/5)

Masih kata dia, Bekasi Timur dan Bekasi Utara ini saksinya cukup kritis sehingga kemudian di Bekasi Utara sampai harus membuka kotak dan menghitung ulang surat suara.

Dirinya menjelaskan , karena kan seharusnya tahapan itu sudah dilampaui. Proses rekap di kecamatan itu sudah tinggal merekap dari C-1 hologram atau disepakati dengan membuka C-1 plano juga bisa.

” Deadline beres rekap kecamatan harusnya tanggal 6. Kemarin belum beres, tapi sekarang tinggal finalisasi aja menyingkronkan data,” jelasnya.

Masih kata dia, kadang-kadang kan data yang didapat dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu tidak singkron, seperti mereka mengurus Daftar Pemilih Tetap (DPT) kemudian surat suara sah, dan itu banyak salah-salah.

“Jadi kita itu harus singkronisasi, mulai dari DPT, jumlah surat suara yang sah dan tidak pas harus pas. Jadi yang bikin lama itu singkronisasi,” katanya.

Dirinya juga berharap disisa waktu yang ada data dua kecamatan ini segera masuk.

” Malem ini kita coba buka lagi pleno (jam 21.00) mudah-mudahan, dua kecamatan ini bisa selesai. Karena kan yang kemarin 10 kecamatan sudah clear karena para saksi sudah cocok dengan datanya,” harapnya

Dari 10 Kecamatan data yang masuk total 1.037.529. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here